Saya berjalan di depan rumah tua, yang terlihat beberapa bulan tidak diisi, rasanya, rumah tersebut adalah rumah yang sangat bagus, dua tingkat, desain bangunan tempo dulu terlihat sangat jelas, ada kesan mewah disana, terdapat halaman luas yang bagus, namun sayang, ilalang tumbuh dimana-mana menjadi kesan tidak pernah diurus. Rasanya, itu rumah dan taman, kalau diurus bener-bener, pasti bakal enak diliat, indah dan menjadi lebih bernilai.

Saya jadi berfikir, mungkin begitulah harta kita, sebanyak apapun harta yang kita miliki, sehebat apapun dan semenarik bagaimanapun, pasti akan terlihat buruk apabila tidak diurus dengan baik. Hartanya ada, namun menjadi tidak bernilai, harta ada dan terlihat, namun menjadi tidak enak dipandang, bahkan banyak yang akan mencibir kekayaan kita.

Allah SWT telah memberikan cara bagaimana mengurus harta dengan baik, salahsatunya dengan zakat dan sedekah, 2,5% dari harta kita wajib dizakati, kemudian kita tambahkan untuk sedekah, sebagai kerelaan seorang hamba kepada Tuhannya, dan cintanya kepada rasulNya.

Harta yang tidak pernah dizakati, layaknya sebuah taman yang tidak pernah dipangkas ilalangnya, sebesar apapun taman tersebut, seluas dan seindah apapun, niscaya akan dijauhi oranglain ketika ada banyak ilalang dimana-mana, rumput yang tidak pernah dipotong, tumbuh-tumbuhan dan pepohonan yang daun-daun keringnya ada dimana-mana, ditambah lagi dengan bunga-bunga layu yang berserakan.

Sama halnya dengan taman yang seharusnya indah, begitu juga rumah mewah, semahal apapun rumah tersebut, pasti menjadi sesuatu yang tidak enak dipandang, apabila terdapat jamur disela-sela kaca, sawang laba-laba dimana-mana, lumut yang menutupi cat putih yang seharusnya bersih, bahkan ditumbuhi dengan tanaman yang tidak jelas, ditembok maupun di dalam rumah.

Begitulah perumpamaan harta yang tidak pernah dizakati, layaknya taman tak bertuan dan rumah tak berpenghuni, kotor, kumuh, tidak layak dipandang, bahkan tidak layak untuk ditempati.

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (attaubah: 103)

Allah SWT mengajarkan kita, hendaklah mengeluarkan zakat dari sebagian harta kita, untuk membersihkan juga mensucikan diri kita dan harta kita. Sejatinya 2,5% dari harta kita adalah harta kotor, yang harus kita sisihkan.

Layaknya taman dan rumah yang harus selalu diurus, pohon2 yang tidak layak mesti dpangkas dan dbuang, rumput-rumput janganlah terlalu tumbuh panjang tidak jelas arah, sehingga merusak pemandangan, daun-daun kering hendaknya dbuang dan dibakar, lumut-lumut yang menutupi cat rumah kita hendaknya dibersihkan, sehingga, rumah dan taman kita layak untuk ditempati, layak untuk dsinggahi bahkan bukan hanya kita yang menikmatinya, akan banyak orang yang akan datang untuk menikmati rumah dan taman kita, merasa nyaman dengan harta kita, dan menjadikan taman serta rumah kita bernilai baik di mata orang banyak. Wallahu a’lam