Ada 3 orang yg doanya tdk ditolak :
1) Pemimpin yg adil,
2) Orang yg berpuasa hingga dia berbuka,
3) Doa orang yg terdzolimi. – (HR. Tirmidzi)

Kaum muslimin yang dirahmati Allah SWT, tak terasa bulan ramadhan hampir berujung, hari ini kita introspeksi diri, sudah berapa kebaikan yang kita lakukan pada bulan penuh rahmat ini, adakah kita termasuk orang-orang yang mendapatkan rahmat dan maghfirah Allah SWT, sehingga Dia akan melepaskan kita dari api neraka, atau malah kita telah menyia-nyiakan kesempatan kita untuk bertaubat dan membersihkan diri kita juga menambah amal kebaikan kita, sehingga kita menjadi orang-orang yang merugi.

Allah mewajibkan berpuasa sebulan dalam setahun, untuk mengajarkan kita betapa banyak karunia yang telah diberikan kepada kita yang belum tentu diberikan kepada oranglain. Betapa sebelas bulan kemarin kita telah banyak menghambur-hamburkan karunia Allah berupa rizki untuk kepuasan perut kita, yang belum tentu kita mengingat orang-orang sekitar kita yang membutuhkan makan.

Rasanya, kalau tidak ada bulan ramadhan, kitapun enggan berpuasa, bahkan enggan mengingat saudara-saudara kita yang tidak makan, mereka makan apa ya? Makan dimana ya? Pakai lauk apa? Justru pertanyaan-pertanyaan ini malah kembali kepada kita, hanya untuk diri kita.

Allah SWT menjawab do’a orang-orang yang berpuasa hingga berbuka pada saat adzan maghrib dkumandangkan. Maka, hendaknya setiap kita yang berpuasa, berdoa kepada Allah yang terbaik, untuk kita dan orang-orang di sekitar kita. Diberikannya kita waktu wajib untuk berpuasa, agar kita senantiasa berdo’a kepada Allah SWT dengan sebaik-baik do’a. saudara-saudara kita yang sulit mencari makanan, bisa jadi melakukan puasa tiap hari, mereka adalah orang-orang yang dicintai oleh Allah dan RasulNya, dan doa-doa mereka pun lebih diijabah oleh Allah SWT daripada kita yang tidak melakukan puasa.

Maka benarlah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam dalam sabdanya: Fainnamaa turzaquuna wa tunshoruuna bi dhu’afaaikum” sungguh kalian akan diberikan rizki dan ditolong oleh orang-orang lemah di sekitar kalian (HR. Abu dawud)

Dengan keberkahan mereka, doa-doa mereka, ketulusan hati mereka, dan sedikitnya tautan hati mereka terhadap kemegahan dunia, sehingga ibadah mereka terasa lebih ikhlas dan diijabah doa-doa mereka.

Maka, hendaklah mewajibkan diri kita juga untuk memperbanyak puasa, dan kemudian berdoa sebaik-baiknya, karena disanalah kecintaan sang hamba kepada Rabbnya akan terlihat, keikhlasan dalam ibadah akan terasa, keinginan-keinginan untuk bermegah-megahan pada dunia akan berkurang dengan sendirinya, dan kepekaan terhadap mereka-mereka yang lemah diantara kita akan hadir. Maka, ketika hati telah benar-benar tulus berharap ridha Allah SWT, maka disaat itulah doa-doa kita diijabah olehNya, aamiin.  Selamat Berpuasa dan Berdoa.