candi_borobudur_100927101231Mulai banyak peneliti,ingin mencari kebenaran dari cerita cerita atau dongeng dongeng kuno yang sudah bertahan ribuan tahun lamanya,bahkan hingga sekarang,seperti cerita atlantis,negeri lemuria,juga cerita negeri saba. mungkin ada secuil bukti hingga membuat para peneliti termotivasi atas rasa penasarannya. berikut ini mari kita belajar dan mulai memikirkan tentang suatu hal yang mungkin saja itu semacam kode atau sandi,agar dapat hidup kembali kejadian yang telah hilang termakan waktu.dan mengambil makna dari cerita itu,untuk belajar memperbaiki diri,serta sadar diri akan lenyapnya negeri negeri dan kerajaan kerajan misterius di planet ini.

sedikit yang saya ketahui dari cerita negeri SABA.
banyak spekulasi berbeda atas dimana area SABA itu sekarang? negeri saba/hutan saba adalah sebuah tempat yang dalam islam disebutkan Kerajaan Nabi Sulaiman dan Ratu Bilqis pernah terdapat disitu.
ada yang menyebutkan Nabi Sulaiman dulu beralamat di Palestina,ada juga yang yakin bahwa Beliau tinggal di kota saba yang berada di daerah Yaman.Lalu apa yang terjadi ketika peneliti mulai mencari minimal puing2 kerajaan sulaiman dan kerajaan ratu bilqis di dua tempat itu?
banyak waktu,tenaga,bahkan duit telah keluar,sayangnya mereka tak menemukan sedikitpun tanda bukti,bahwa kerajaan mereka berada di ,palestina maupun yaman.
tapi maukah jika kamu lupakan pelajaran sejarah di sekolah kamu dulu,lupakan tanggal,lupakan tempat,lupakan tahun,karena sebenarnya pembuat buku sejarah tadi belum musti benar,karena merekapun cuma berspekulasi saja tentunya.
kita mulai saja ceritanya:

Pada era nabi Sulaiman,terdapat suatu dunia yang hebat,dimana mereka tunduk kepada sang nabi,manusia,binatang,tumbuhan,alam,jin,bahkan syetan sekalipun! wow!,kedengarannya begitu gila dan tak masuk akal,tapi itulah yang dikatakan dalam alqur’an,jadi kita wajib meyakininya.
tapi jangan cuma dianggap biasa saja kisah nabi Sulaiman,mari kita berfikir,kenapa ada zaman yang memiliki kisah mengagumkan seperti itu.
mungkin Raja Sulaiman adalah seorang ilmuan dan seniman yang luar biasa bijak,hingga dia mampu menyatukan dunia yang berbeda.bahkan alam pun tunduk padanya,berarti sang nabi mengerti aktivitas alam,mengerti jalannya angin,musim,bergantinya waktu,sehingga dia mampu membaca kode alam dan menjaga keharmonisan bumi,karena sang sulaiman yg sebagai Raja.

dalam kisah itu disebutkan juga burung hudhud,burung yang dapat bicara dan berfikir,burung yang aneh,bnyak yang menggambarkn burung itu dengan bentuk berbeda,mulai dari seperti tak ubahnya seekor burung saat ini,burung yang berkepala manusia,sampai burung yang dinamakan garuda,yaitu binatang bersayap dan berkepala burung tapi bertubuh manusia,dengan suatu mahkota dikepalanya.

dalam perjalanannya hudhud ketika diperintah sulaiman untuk mencarikan mata air,burung itu dalam penerbangannya bertemu dengan suatu kerajaan,dimana banyak orang berkumpul di situ dengan ritualnya yaitu kegiatan menyembah matahari. lama si hudhud mengamati mereka dari atas sehingga begitu lamanya sang burung tak juga kembali,menjadikan sang raja sulaiman marah terhadapnya.
sesampainya hudhud di tempat sang nabi,membuat si burung itu ketakutan akan kemarahan nabi Sulaiman,tapi,kemarahan Sulaiman pun akhirnya mereda,setelah hudhud menceritakan tentang apa yang telah dia lihat tadi,lalu sang raja kembali mengutus hudhud untuk mengawasi kerajaan dengan orang2 nya yang menyembah matahari di Hutan Saba itu.

Sesampainya di Hutan Saba,hudhud turun dari terbangnya menuju kerajaan dan ingin menemui sang pemimpin kerajaan itu. mungkin burung hudhud terkejut ketika melihat pemimpin kerajaan besar itu adalah seorang wanita!, dialah Ratu Bilqis.
dalam pertemuannya dengan ratu,hudhud menyampaikan pesannya atas perintah nabi Sulaiman kepada Bilqis dan pengikutnya,agar mengentikan penyembahannya terhadap matahari,dan mengajaknya menyembah Tuhan yang Maha Kuasa yaitu Allah.

mendengar kata hudhud,begitu terkejutnya Bilqis, siapa orang yang berani menentang sang ratu!,dan bilqis menolak kemurahan sulaiman yang disampaikan lewat hudhud.
burung itu akhirnya kembali kepada Sulaiman dan menceritakan penolakan ratu bilqis atas ajakannya menyembah Allah.
Rencana nabi yang pertama pun menemui kesulitan,akhirnya Sulaiman mulai berpindah ke rencana B, yaitu mengirimnya surat dari lembaran emas sebagai symbol kemuliaan Raja Sulaiman,Surat untuk Ratu Bilqis dan pengikutnya. kembali sang raja memerintahkan hudhud untuk terbang membawa surat itu kepada Ratu Bilqis di Hutan Saba.

setelah beberapa saat, ratu bilqis mendapati burung hudhud datang kembali ke kerajaannya sehingga bikin si Bilqis jengkel terhadap si burung,tapi sang Ratu kembali menerimanya,karena melihat sesuatu yang dibawa si hudhud.
Ratu Bilqis mulai bertanya Siapakah Sulaiman,pasti dia bukan orang biasa,sehingga mampu menjadikan emas menjadi lembaran,juga mampu menguasai burung hudhud yang bisa bicara sebagai bawahannya.
rasa penasaran Bilqis membuatnya menggerakkan pengikut pengikutnya ke tempat Sulaiman.

ternyata rencana B sang raja menemui kegemilangan,Ratu bilqis yang pernah merasa sombong,memamerkan kekuasaan kepada hudhud pun akhirnya mau menemui Sulaiman.

datanglah rombongan ratu ke tempat Sulaiman,terkejut bilqis,ketika tak mengetahui jika ada kerajaan lain yang berdiri masih di dalam wilayahnya.
mulai kapan dibangunnya?tapi bukan itu yang membuatnya amat sangat terkejut dengan apa yang dia saksikan,
istana ratu bilqis yang dibanggakan itu kini telah berada di depan matanya! siapa yang tak heran dengan kejadian luar biasa itu.!

kekuatan apakah yang mampu membawa kerajaanku sehingga sampai disini hanya sekedipan mata saja? mungkin begitu Ratu Bilqis menanyakannya kepada Nabi Sulaiman,akhirnya Sang Nabi mulai menyampaikan tentang dirinya,bahwa dia adalah seorang nabi utusan Allah,yang dikaruniai kekuatan luar biasa untuk mengelola seluruh alam dan makhluk makhluk di dalamnya,mempersatukan jenis jenis makhluk berbeda,sehingga terciptalah keharmonisan dalam kerajaannya. ratu bilqispun mulai sadar atas kesombongannya,seolah kekuasaannya sudah begitu hebat tanpa tanding,nyatanya dia melupakan hukum kehidupan bahwa segala yang di dunia ini hanyalah relative,tak ada yang besar dan kecil.

mulai menyesallah bilqis atas yg dia lakukan dimasa lalu,merasa begitu tinggi dan menyembah matahari,akhirnya ajakan sulaiman untuk mengajak bilqis dan rombongan untuk menyembah Allah.

Tahukah kamu,apa yang hendak ku sampaikan dalam sepenggal kisah Sulaiman di atas?

lanjut bacanya ya…🙂